Panduan Pemula Untuk Pembuatan Sabun

kedai perabot murah di melaka Membuat Anda Bahagia. Banyak Pilihan Dengan Berbagai Jenis Bahan Furniture Yang Digunakan. Harga Sangat Terjangkau Sehingga Sangat Cocok Belanja Furnitur ini

Cara Membuat Sabun Panduan Lengkap Mudah untuk Pemula – Notordinaryblogger

Membuat sabun sendiri sangat menyenangkan. Saya suka membuat sabun sendiri untuk diri sendiri dan juga memberikannya sebagai hadiah untuk keluarga dan teman. Jika Anda tertarik untuk membuat sabun sendiri tetapi tidak yakin harus mulai dari mana, berikut penjelasan singkat tentang tiga proses pembuatan sabun yang berbeda:

1. Proses Dingin

Pembuatan sabun proses dingin benar-benar membuat sabun dari awal. Tiga bahan dasar yang Anda perlukan untuk membuat sabun dengan cara ini adalah air, minyak, dan natrium hidroksida (alkali). Lye digolongkan sebagai bahan berbahaya. Itu bisa membakar kulit saat bersentuhan.

Saat menggunakan alkali Anda harus sangat berhati-hati dan mengambil semua tindakan pencegahan keselamatan, seperti memakai kacamata pengaman, sarung tangan pelindung, pakaian dan sepatu. Anda juga perlu memastikan Anda menggunakan panci stainless steel dan memiliki wadah terpisah untuk menyimpan alkali dan gelas ukur, dll hanya untuk pembuatan sabun.

Sangat penting Anda menggunakan resep yang baik jika membuat sabun dengan cara ini yang memberi tahu Anda semua tindakan pencegahan yang perlu Anda ambil saat menggunakan alkali; seperti mencampur air dan alkali di luar atau di area yang berventilasi sangat baik. Pencampuran air dan alkali terlebih dahulu menghasilkan uap yang sangat beracun sehingga dapat membakar paru-paru Anda.

Anda harus sangat bertanggung jawab saat menangani alkali dan itu terdengar menakutkan, jadi banyak pembuat sabun pemula lebih suka memulai membuat sabun sendiri dengan dua metode berikut.

Cara Membuat Sabun Sendiri untuk Pemula, Paling Mudah dan Aman - Hot  Liputan6.com

2. Metode Handmilled atau Rebatched

Metode ini melibatkan parutan sabun yang sudah jadi (sehingga tidak perlu khawatir dengan alkali) yang kemudian dilebur dengan air tambahan. Anda dapat menambahkan aditif Anda sendiri, seperti kelopak bunga, rempah-rempah, lavender, oatmeal, rempah-rempah, warna sabun dan wewangian.

Kemudian Anda tuangkan ke dalam cetakan sabun dan biarkan mengeras. Ini bisa memakan waktu 24 jam tetapi untuk sabun yang benar-benar mengeras bisa memakan waktu hingga dua minggu.

3. Metode Lelehkan dan Tuang

Menurut pengalaman saya, ini adalah metode termudah untuk digunakan jika Anda seorang pemula. Sabun cair dan tuang hadir dalam blok sabun yang sudah jadi (tanpa larutan alkali). Anda cukup melelehkannya, baik dalam microwave atau ketel ganda, tambahkan pewarna sabun, pewangi, dan aditif opsional, tuangkan ke dalam cetakan dan biarkan selama beberapa jam. Setelah diatur siap digunakan!

Saat membuat sabun dengan salah satu metode di atas, penting bagi Anda untuk menggunakan resep yang baik sehingga Anda mendapatkan ukuran sabun, pewarna, wewangian, dan zat aditif dengan benar. Penting juga agar Anda tidak memercik secara tidak sengaja saat berhadapan dengan campuran sabun yang panas dan meleleh.

Pembuatan sabun membuat ketagihan. Setelah Anda membuat batch pertama yang berhasil, Anda tidak ingin berhenti! Jadi mengapa tidak memulai perjalanan pembuatan sabun Anda hari ini?

About the author: intan

Related Posts

Leave a Reply