Tips Etika Bisnis Internasional

Saat melakukan bisnis secara internasional, Anda tidak harus berkonsentrasi hanya menjual produk dan layanan Anda. Agar sukses, Anda perlu menumbuhkan hubungan dengan orang-orang yang sedang Anda tangani. Untuk membantu Anda, berikut adalah beberapa area yang harus Anda perhatikan saat berinteraksi dengan orang-orang secara internasional:

Peran gender

Anda akan berinteraksi dengan orang-orang dari berbagai sektor yang memiliki kepercayaan berbeda. Untuk menghindari situasi yang tidak nyaman, luangkan waktumu untuk memahami etiket gender yang sesuai. Dalam kebanyakan kasus, peran gender adalah tentang batasan pribadi dan kontak fisik dengan pria dan wanita.

Jika berbisnis di negara-negara Arab, Anda harus mencatat bahwa wanita Arab tidak diperbolehkan berjabat tangan dengan pria. Jika Anda seorang wanita dan bepergian ke negara-negara ini, berhati-hatilah akan hal ini karena Anda merasa tidak nyaman saat menyerahkan tangan Anda dan orang-orang tidak mengguncang tangan Anda.

Waktu

Sementara waktu sangat penting di seluruh dunia, negara-negara yang berbeda memiliki tingkat toleransi yang berbeda. Di cina dan jepang, ketepatan waktu sangat penting, dan jika Anda terlambat bahkan semenit, orang-orang yang Anda hadapi akan keluar. Di India, teman Anda tidak akan terlalu tersinggung jika Anda sedikit terlambat, tapi sebaiknya Anda tidak mendorongnya.

Jika berbisnis di Inggris, profesional bisnis akan meminta Anda untuk muncul tepat waktu atau bahkan sedikit lebih awal. Di Perancis, ketepatan waktu tidak penting, dan para profesional akan menganggap Anda “tepat waktu” meski terlambat sepuluh menit.

Kode berpakaian

Ini sangat penting karena menentukan bagaimana orang melihat Anda. Sama seperti waktu, busana bisnis preferensi bervariasi dari satu tempat ke tempat lain. Di cina dan jepang, pakaian bisnis bersifat formal. Anda harus mengenakan jas dan dasi ke semua pertemuan profesional. Di AS, lingkungan bisnis kurang formal; Karena itu, Anda bisa memakai smart casual dan dianggap oke. Di Prancis, Anda harus formal, disesuaikan, dan modis. It’s France Anda berada di.

Ruang pribadi

Ruang pribadi bervariasi dari satu jenis kelamin ke jenis kelamin yang lain dan juga seberapa baik Anda mengenal satu sama lain. Di cina, cara formal untuk melakukannya akan berjabat tangan. Anda seharusnya tidak hebat seseorang dengan ciuman atau pelukan. Di Prancis, pria kadang-kadang akan menyapa wanita dengan ciuman, tapi banyak wanita akan tetap memegang tangan mereka jika mereka lebih memilih jabat tangan. Di Inggris, sentuhan pribadi seperti mencium dan memeluk disediakan untuk teman dan keluarga dekat; Oleh karena itu, biarkan sejumlah ruang pribadi.

Hadiah bisnis

Menyerahkan hadiah bervariasi dari satu budaya ke budaya lainnya. Di sebagian besar negara Asia, pemberian ditoleransi dan sangat dianjurkan. Sebenarnya, rekan bisnis akan mengharapkan Anda membawa hadiah. Saat Anda mempresentasikan hadiah itu, selalu bungkuslah. Ingatlah bahwa nilai pemberian itu kurang penting daripada pikiran yang Anda masukkan ke dalamnya.

Sementara hadiah didorong di negara-negara Asia, budaya sangat meningkat di negara-negara barat. Sebagian besar negara ini menganggap hadiah itu sebagai sogokan.

Kesimpulan

Ini adalah tip etiket bisnis internasional yang harus Anda pertimbangkan saat melakukan bisnis secara internasional. Selalu melalui mereka sebelum mengunjungi negara yang tidak Anda kenal.

Leave a Reply