Ini Penyebab Luka Lama Sembuh

Saat ini apakah Anda sedang mengalami luka atau cedera? Apakah Anda merasa bahwa luka yang sedang anda alami tidak sembuh-sembuh? Proses penyembuhan cedera maupun luka tidak dapat diremehkan. Mungkin pada awalnya Anda akan berpikir bahwa luka maupun cedera Anda akan pulih serta sembuh dengan sendirinya. Namun, pada dasarnya banyak hal yang bisa mempengaruhi proses penyembuhan luka tersebut, terutama yang mempengaruhi cepat maupun tidaknya waktu penyembuhan. Untuk anda yang ingin mengeringkan luka, bisa mencoba cara berikut ini.

penyebab luka lama sembuh

1. Ada infeksi

Infeksi pada luka cedera, maka akan membutuhkan proses penyembuhan yang lumayan memakan waktu yang lama. Infeksi terjadi karena adanya bakteri serta virus yang tumbuh di sekitar bagian luka. Hal ini biasanya bisa menyebabkan luka mengeluarkan cairan maupun akan menjadi basah. Demam juga dapat menjadi bagian dari gejala infeksi yang sering muncul. Biasanya apabila infeksi tidak terlalu parah maka dokter akan membuatkan resep obat antibiotik untuk Anda. Tetapi apabila luka infeksi cukup parah, maka bukan tidak mungkin akan dilakukan proses operasi yang dimaksudkan untuk menghilangkan bagian luka yang terkena infeksi.

2. Tidur dan istirahat tidak cukup

Tidur merupakan salah satu pertahanan tubuh yang terbaik serta memainkan peranan yang penting dalam meregenerasi dan memperbaiki jaringan. Saat Anda tidur, maka tubuh akan menghasilkan berbagai hormon yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan massa otot, serta menguatkan tulang. Apabila waktu tidur terganggu, maka yang terjadi pada tubuh adalah kehilangan kesempatan dalam melakukan semua hal itu. Salah satu pengaruhnya adalah lambatnya proses pemulihan luka atau cedera.

3. Makan terlalu sedikit

Makan yang tidak sesuai dengan keperluan maka akan membuat proses penyembuhan menjadi memakan waktu yang lama. Bahkan pada beberapa orang yang mengalami luka serta cedera yang serius, maka kebutuhan energinya dalam sehari dapat bertambah menjadi sekitar 15-50% dari keperluan normalnya. Dalam hal ini, makanan yang dirubah menjadi energi di dalam tubuh lalu menjadi sumber energi utama akan memperbaiki jaringan, menutup luka, serta menyembuhkan luka. Sehingga, apabila Anda tidak makan yang cukup, maka bahan bakar untuk menyembuhkan luka menjadi tidak tersedia serta membuat luka menjadi lama sembuh.

Jadi, beberapa yang menjadi penyebab mengapa luka menjadi lama sembuh adalah adanya infeksi, makan terlalu sedikit, serta tidur dan istirahat yang kurang. Sekarang tinggal bagaimana anda bersikap, apakah mau luka anda cepat pulih atau tidak. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply