Melihat Desain Interior Masjid Istiqlal

Desain interior masjid istiqlal menjadi sorotan banyak masyarakat. Karena mesjid ini merupakan salah satu mesjid terbesar di kota Jakarta. Masjid Istiqlal adalah masjid nasional negara Republik Indonesia yang terletak di bekas Taman Wilhelmina, di Timur Laut Lapangan Medan Merdeka yang di tengahnya berdiri Monumen Nasional (Monas). Masjid ini memiliki gaya arsitektur modern dengan dinding dan lantai berlapis marmer, dihiasi ornamen geometrik dari baja antikarat. Bangunan utama masjid ini terdiri dari lima lantai dan satu lantai dasar. Bangunan utama itu dimahkotai satu kubah besar berdiameter 45 meter yang ditopang 12 tiang besar. Menara tunggal yang tinggi menjulang di sudut Selatan selasar masjid. Selain digunakan sebagai aktivitas ibadah umat Islam, masjid ini juga digunakan sebagai kantor berbagai organisasi Islam di Indonesia, aktivitas sosial, dan kegiatan umum.

Desain interior masjid istiqlal dibangun dengan gaya modern internasional. Dimana menerapkan bentuk bentuk geometri sederhana seperti persegi, kubus serta kubah bola dalam ukuran raksasa supaya menghasikan kesan agung dan monumental. Masjid ini juga dibangun dengan bahan pilihan yang bersifat netral, kokoh, minimalis serta sederhana yaitu marmer putih dan baja stainless steel yang anti karat. Masjid  Istiqlal juga memiliki ragam ornamen masjid yang bersifat sederhana namun tetap terlihat elegan yaitu pola geometris berupa ornamen logam krawangan berpola kubus, lingkaran atau persegi. Fungsi dari ornamen-ornamen ini adalah sebagai jendela, penyekat atau lubang udara yang juga berfungsi sebagai unsur estetik dari bangunan masjid.

Desain interior masjid istiqlal pada bagian dalam kubah dan langit-langit masjid dilapisi dengan kerangka baja antikarat. Ada 12 pilar utama penyangga kubah juga dilapisi dengan lempengan baja antikarat. Bangunan masjid Istiqlal sangat luas karena masjid ini bisa mememiliki daya tampung jamaah hingga 200 ribu orang dengan jumlah ideal sebanyak 120 ribu orang jamaah. Masjid Istiqlal memiliki gaya arsitektur yang modern dimana para jamaah dan wisatawan yang berkunjung ke masjid Istiqlal bisa melihat konstruksi kokoh bangunan masjid yang didominasi oleh batuan marmer pada lantai, tiang-tiang, tangga, dan dinding serta baja antikarat pada kubah masjid, tiang utama, plafon,  puncak menara, dinding, tempat wudhu, pintu krawangan serta pagar keliling halaman dan jual karpet masjid dengan motif yang indah. Masjid Istiqlal merupakan tempat ibadah sekaligus obyek wisata religi pusat aktivitas syiar Islam dan pusat pendidikan.

 

About the author: Andree

Related Posts

Leave a Reply