Macam-Macam Fobia secara Spesifik

Macam-Macam Fobia secara Spesifik

Arti ‘fobia’ merujuk pada sekumpulan tanda kekhawatiran yang dikarenakan oleh objek atau kondisi spesifik. Didunia ini ada beberapa macam fobia yang dihadapi oleh beberapa orang. Simak sedetailnya didalam artikel ini baca juga

Satu fobia khusus, yang dahulu di kenal jadi fobia simpel, yaitu ketakutan yang selalu ada serta tidak masuk akal yang muncul karna hadirnya atau pemikiran pada satu objek atau kondisi yang sesungguhnya tidak beresiko.

Pertemuan dengan objek atau kondisi khusus menyebabkan reaksi spontan serta mengakibatkan seseorang yang dobia jadi begitu kuatir atau berupaya sebisa-bisanya hindari objek atau kondisi itu.

Perasaan tertekan yang disebabkan oleh fobia serta keinginan yang besar untuk hindari objek/kondisi sumber fobia bisa punya pengaruh besar pada kehidupan normal penderitanya. Orang dewasa yang mempunyai fobia khusus melukiskan ketakutan yang dirasakannya jadi ketakutan yang terlalu berlebih serta tidak masuk akal, namun ia tidak mampu mengatasinya.

Ada berbagai macam fobia khusus, berdasar pada objek atau kondisi yang ditakuti, termasuk juga :

Fobia binatang : misalnya termasuk juga ketakutan pada anjing, ular, serangga, atau tikus. Fobia binatang adalah type fobia khusus yang paling umum.

Fobia kondisi : ini melibatkan ketakutan pada kondisi spesifik, seperti fobia terbang, naik mobil, transportasi umum, mengemudi, naik jembatan, masuk terowongan, atau ada ditempat yang tertutup (umpamanya didalam lift).

Fobia lingkungan alam : misalnya termasuk juga fobia badai, ketinggian, atau air.

Fobia darah : ini termasuk juga takut terluka, lihat darah, lihat jarum suntik, atau lakukan kontrol darah.

Fobia yang lain, seperti takut jatuh, nada keras, serta takut ciri-khas berkostum seperti badut.

Seorang dapat memiliki lebih dari satu type fobia khusus.

Apa Saja Tanda Fobia Khusus?

Ketakutan terlalu berlebih atau tidak masuk akal pada objek/kondisi spesifik.

Hindari objek/kondisi atau terasa begitu tertekan saat bertemu dengan objek/kondisi spesifik.

Alami serangan cemas atau kekhawatiran, seperti jantung berdebar, mual atau diare, berkeringat, gemetaran, mati rasa atau kesemutan, sesak nafas, terasa pusing, serta terasa seperti dicekik.

Kekhawatiran yang diantisipasi, umpamanya jadi gugup sebelumnya bertemu atau bersentuhan dengan objek/kondisi yang jadi sumber fobia. Misalnya, orang yang takut anjing bisa jadi begitu kuatir saat ketahui ada anjing dirumah yang dikunjunginya.

Anak kecil yang mempunyai fobia khusus mungkin saja memerlihatkan kekhawatiran/ketakutannya dengan menangis, melekat ke orangtuanya, atau meronta-ronta.

Apa yang Mengakibatkan Fobia Khusus?

Penyebabnya tentu dari fobia khusus masih tetap belum juga di ketahui, namun nampaknya ada kaitan kuat pada pengalaman traumatis atau reaksi yang dipelajari dari orang yang lain dengan fobia. Jadi contoh, seorang yang mempunyai pengalaman jelek dengan binatang, umpamanya sempat terserang atau digigit, bisa meningkatkan fobia khusus pada hewan.

Melihat momen traumatis di mana orang yang lain tersiksa/terluka atau rasakan ketakutan yang mengagumkan dapat juga mengakibatkan fobia khusus di masa datang. Sama seperti dengan juga terus-menerus di beri peringatan mengenai kondisi/objek yang punya potensi membahayakan.

Ketakutan dapat dipelajari dari reaksi orang yang lain. Seseorang anak yang orang tuanya mempunyai fobia pada objek/kondisi spesifik relatif turut mempunyai fobia pada objek/kondisi yang sama. Sekianlah info tentang beberapa macam fobia serta pemicunya, mudah-mudahan info ini dapat menolong Anda mengerti fobia dengan lebih terang.

Leave a Reply