Kenali Ciri-ciri Sprei Waterproof Yang Bagus Sebelum Membeli!

Membeli sebuah sprei waterproof sama dengan membeli sebuah keringanan untuk pekerjaan rumah tangga. Bagaimana tidak, sprei ini memiliki banyak sekali manfaat yang bisa mempermudah tugas ibu di rumah. Seperti, bisa menahan ompol anak, mudah dibersihkan. dicuci dan dirapikan. Oleh sebab itu, membeli sprei waterproof harus dilakukan dengan hati-hati dan seksama. Untuk itu, ketahuilah beberapa ciri-ciri sprei waterproof yang bagus berikut ini.

 

ciri-ciri sprei waterproof yang bagus

Ciri-Ciri Sprei Waterproof yang Bagus dan Berkualitas

Sprei waterproof dikenal sebagai sprei yang tahan air. Sprei ini terbuat dari dua jenis bahan yaitu bahan sprei dan bahan waterproof. Untuk mengetahui kualitasnya, berikut ini beberapa ciri-ciri sprei waterproof yang bagus yaitu:

  1. Bahan sprei yang baik

Pada umumnya, bahan sprei pada sprei waterproof menggunakan kain katun polyester. Jenis kain ini memiliki karakteristik lembut, adem dan tidak panas. Anda bisa merasakan kelembutannya pada jari-jari. Seratnya cukup lentur dan tidak kaku. Hal ini akan membuat sprei waterproof mudah dilipat.

  1. Bahan waterproof yang berkualitas

Untuk bagian waterproof, bahan yang digunakan adalah latex. Laminasi latex dilakukan pada bagian bawah sprei untuk menutup semua pori-pori kain katun. Dengan tertutupnya semua pori-pori, akan menghalangi air meresap kebawahnya. Sprei waterproof yang bagus tidak licin di permukaannya meskipun ada laminasi latex. Jadi, Anda tidak perlu khawatir akan mengganggu tidur anak.

  1. Jahitan yang rapi

Sprei yang bagus juga dapat dilihat dari bentuknya yang baik. Jahitan di semua sisinya yang rapi dan seragam. Karet elastisnya juga terjahit rapi di keempat sisinya. Sprei yang seperti ini akan menempel dengan pas dan tidak mudah kendor pada kasur Anda.

  1. Motif yang beragam

Pertimbangan terakhir dalam memilih sprei waterproof adalah dari motifnya. Pilihlah motif-motif yang akan disukai oleh keluarga Anda. Motif sprei yang indah akan membuat kondisi dan suasana kamar menjadi lebih baik.

Cara Mempertahankan Kualitas Sprei Waterproof

Setelah mengetahui ciri-ciri sprei waterproof yang bagus, Anda juga harus mengetahui hal-hal apa sajakah yang mungkin bisa merusak kualitas sprei waterproof tersebut. Dengan begitu, Anda bisa menghindari dan tidak melakukannya.

  1. Jangan merendam terlalu lama

Merendam dengan detergen yang terlalu lama akan merusak lapisan waterproofnya. Seperti yang kita ketahui, latex merupakan bahan aktif yang bisa mengalami penurunan kualitas jika terkena bahan aktif lainnya. Merendam dalam detergen terlalu lama bisa jadi mengurangi daya kerja dan sifatnya.

  1. Jangan menggunakan Pemutih

Hal sama juga berlaku untuk pemutih. Pemutih mengandung bahan kimia aktif yang bisa merusak lapisan latex. Oleh sebab itu, hindari menggunakan pemutih pada sprei waterproof Anda.

  1. Jangan membiarkan air tergenang terlalu lama

Lapisan latex bersifat menahan air agar tidak merembes melalui pori-pori. Namun lapisan ini bukanlah seperti bahan plastik yang bisa mengunci air. Jika air tergenang dalam waktu yang lama, Anda akan mendapati daerah lembab di bawah sprei. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda langsung membersihkan air yang tergenang.

  1. Jangan Menyetrika dengan suhu panas

Suhu panas juga diketahui bisa merusak lapisan waterproof. Jika ingin menyetrika sprei waterproof, hendaknya lakukan ketika suhu setrika belum terlalu panas. Anda juga disarankan untuk melapisinya dengan kain yang lain terlebih dahulu.

Apakah Anda sudah mendapatkan gambaran mengenai ciri-ciri sprei waterproof yang bagus? Jika sudah memahami sepenuhnya, maka segeralah beralih menggunakan sprei waterproof agar pekerjaan di rumah menjadi lebih ringan. Selain itu, jangan lupa untuk menghindari hal-hal di atas agar sprei waterproof Anda dapat awet dan bertahan lama.

ciri-ciri sprei waterproof yang bagus dan awet

About the author: rahman

Related Posts

Leave a Reply