Jual Kubah Masjid Baitunnur – Calgary, Alberta, Canada

Masjid Baitun Nur (atau dapat dieja dengan “Baitunnur” atau “Baitun Noor”) yang miliki makna “House of Light” atau “Rumah Cahaya” adalah satu jual kubah masjid yang dibikin serta diurus oleh Komune Muslim Ahmadiyah di lokasi Castleridge Calgary, Alberta, Negri Kanada. Bangunan Masjid Baitunnur dikenal juga jadi masjid paling besar di Kanada dan jadi masjid paling besar di Amerika Utara. Diperkiraan sekarang ini ada kira-kira lebih dari 3.500 anggota Komune Muslim Ahmadiyah di Calgary.

Peristiwa Pembangunan serta Pembukaan Untuk Publik

Pembangunan Masjid Baitunnur diawali dengan penempatan batu fondasi pertama pada tahun 2005 kemarin. Konstruksi keseluruhannya tuntas pada tahun 2008 dengan prediksi ongkos sebesar C$ 15 juta. Dana sebesar itu nyatanya bukan didanai penuh oleh Komune Ahmadiyah saja, akan tetapi sebesar C$ 8 juta datang dari masyarakat Calgarian lokal.

Jual kubah masjid Baitun Nur dimulai untuk publik pada tanggal 05 Juli 2008. Sekitar lebih dari 5.000 orang trut datang diacara itu termasuk juga petinggi tinggi seperti Perdana Menteri Kanada, Sthephen Harper, Pemimpin Partai Oposisi, Sthephane Dion, serta Walikota Calgari, Dave Bronconnier.

Tidak hanya itu, beberapa tokoh agama seperti Uskup Katolik Roma Calgari, Fred Henry ikut ikut datang, serta Mirza Masroor Ahmad, yakni kepala paling tinggi Komune Muslim Ahmadiyah di semua dunia ikut ikut mengamati berjalannya acara pembukaan publik itu.

Sesaat beberapa anggota / saluran agama islam lainnya tak diundang ke acara itu. Menurut Kaufman dari Edmonton Sun, golongan Muslim penganut ajaran Sunni yang terhimpun dalam Muslim Sunni Islamic Council of Canada, yang di pimpin oleh Syed Soharwardy tak diundang, lantaran ketaksamaan fahamnya benar-benar keras. Umat Islam Sunni yakin kalau Muslim Ahmadiyah “Tidak Nyata” serta mereka pun tidak memandang Baitun Nur jadi satu “Masjid”. Tentu, ketaksamaan faham sangat keras sesuai ini benar-benar disayangkan, mengingat ketaksamaan saran di antara kaum muslim kata Nabi ialah satu Karunia yang perlu di syukuri, bukan untuk di perdebatkan.

Walaupun tak didatangi oleh beberapa komune muslim yang lain, Pujian untuk Komune Muslim Ahmadiyah ada dari beberapa tokoh termasuk juga Harper yang menjelaskan kalau “Calgarian, Albertan, serta Canadian (Masyarakat Calgari, Alberta, serta Canada), dapat memandang muka Islam moderat yang murah hati di jual kubah masjid ini”. Menurut majalah keduataan besar, perkataan Harper itu bukan hanya diperuntukkan pada golongan Islam militan di luar negeri yang kadangkala ambil jalan keras, akan tetapi ikut pada partisan islam di Kanada, utamanya di Calgari serta Alberta. Harper mengharap tak ada lagi insiden-insiden keras yang sertakan satu etnis agama, terlebih agama islam di negaranya, biar pertemanan serta perdamaian antar agama bisa terikat selama-lamanya.

Arsitektural Bangunan Masjid Baitunnur

Keseluruhannya apabila disaksikan sesaat, Bangunan Masjid Baitunnur mengambil seni bina bangunan Arsitektural moderen dengan dikit sentuhan punya Timur Tengah pada Kubah serta Menaranya. Akan tetapi, ada yang unik dari Kubah serta Menara itu, di mana seluruh bagiannya di lapis dengan Baja mengkilap, hingga kelihatan demikian megah untuk dilihat.

Komplek Masjid Baitunnur miliki luas kira-kira 4.500 mtr. persegi (48.000 kaki persegi). Menaranya dibikin menjulang setinggi 30 mtr., dan Kubah nya dibikin berbahan baja dengan ukuran yang besar sekali.

Exterior bangunannya juga unik, yakni 99 Asmaul-Husna dilukisnan disekitar bangunan luarnya, hingga apabila kita memutari bangunan jual kubah masjid, kita dapat akan membaca semua “nama-nama Suci Allah”.

Kecuali bangunan khusus jadi tempat beribadah, jual kubah masjid Baitunnur ikut miliki bangunan dengan kegunaan lainnya seperti area kelas, area kantor, lahan spesial untuk anak-anak (biar tak mengganggu jamaah lainnya), dapur serta ruang pusat kesibukan komune itu.

Bangunan masjidnya keseluruhannya benar-benar megah. Kemegahan bisa juga disaksikan dari lampu gantung seberat 400 Kg yang harga nya sampai C$ 50.000.

About the author: isacnaser

Related Posts

Leave a Reply