Bagaimana Cara Menata Karpet yang Benar?

Jika anda ingin berencana ingin memasang atau menata karpet masjid di lingkungan anda, pastikan ukuran karpet harus sesuai ukuran dari ruangan masjid. Pastikan juga corak yang Anda pilih tidak bertabrakan dengan kondisi ruangan. Ruangan jangan sampai terkesan menjadi lebih sempit dengan Anda memasang karpet memiliki corak besar. Motif karpet yang padat juga bisa membuat kesan ruangan tampak sempit.

Tips Menata Karpet yang Baik

Pastikan karpet masjid yang nanti anda pasang bisa terlihat proporsional dengan bentuk ruangannya. Perhatikan betul luas ruangan beserta ukuran furnitur sebelum melakukan pemesanan karpet. Contoh praktisnya adalah Anda memerlukan karpet yang berukuran panjang 500 centimeter dan lebar 1000 centimeter, agar cocok digunakan untuk ruangan yang memiliki ukuran ruangan dengan panjang 5 meter dan lebar 10 meter. Hal yang cukup penting sebelum karpet tiba di rumah Anda adalah Anda memastikan terlebih dahulu kepada penjual agar karpet yang akan dikirimkan dilakukan pembersihan terlebih dahulu, Karpet harus dihisap debunya dengan vacumm cleaner, dan sesuai ukuran.

 

Agar karpet yang Anda sudah Anda beli bisa lebih maksimal dalam penggunaanya, pastikan Anda selalu melakukan perubahan posisi karpet. Perubahan posisi karpet ini dilakukan paling tidak dua atau 3 bulan sekali. Hal ini penting untuk Anda rutin lakukan karena warna karpet akan cenderung lebih mudah memudar ketika selalu terkena sinar matahari yang masuk ke dalam rumah melalui jendela ataupun pintu rumah.

Menata Karpet Anda Agar Selalu Bersih

Memiliki karpet masjid yang berdebu tentunya bisa membahayakan kesehatan keluarga Anda di rumah, apalagi dengan adanya kutu yang bersarang di karpet Anda. Oleh karena itu kita harus selalu menjaga kebersihan karpet masjid kita dari debu maupun binatang kutu. Membersihkan karpet masjid harus rutin dilakukan dan metode ini pun dapat diklasifikasikan ke dua jenis, perawatan ringan dan berat. Jenis perawatan yang bisa Anda lakukan untuk menjaga agar karpet Anda agar tetap bersih ada dua, yaitu perawatan ringan dan perawatan berat.

Yang dimaksud perawatan ringan adalah perwatan rutin yang Anda lakukan minimal sekali setiap minggunya. Jika bisa dua kali seminggu tentunya akan lebih baik, terutama jika memang masjid anda banyak terkena ekspos debu dari luar rumah. Untuk perawatan ringan ini, Anda bisa melakukan proses gantung karpet dan dipukul dengan menggunakan pemukul kasur sehingga semua kotoran kotoran akan jatuh terlempar. Pastikan Anda juga menggunakan masker yang bisa melindungi agar debu yang berterbangan di udara tidak kena hirup paru-paru Anda. Setelah itu, lakukan proses penyedotan debu dengan menggunakan vacumm cleaner seperti biasa.

Setiap setahun sekali, Anda perlu melakukan “perawatan berat” pada karpet masjid anda yaitu mencuci karpet. Untuk mencuci karpet, kami menyarankan untuk Anda menggunakan sabun khusus untuk mencuci karpet sehingga hasilnya lebih maksimal. Setelah Anda cuci dengan bersih, anda harus lakukan penjemuran di bawah sinar matahari sampai kering. Pastikan Anda melakukan penyedotan dengan vacumm cleaner ulang sebelum karpet tersebut Anda tata di ruangan masjid.

Dengan melakukan beberapa langkah menata karpet di atas secara rutin, maka karpet di masjid anda senantiasa terlihat baru dan sehat untuk dipakai beribadah.

Jika Anda ingin mencari karpet dengan kualitas ekslusif namun dengan harga murah, Anda bisa klik jual karpet masjid. Untuk pembelian grosir karpet, Anda bisa menghubungi informasi kontak yang terdapat di website ini.

 

Semoga artikel tentang tips menata karpet ini bisa bermanfaat bagi Anda.

About the author: Helmi

Related Posts

Leave a Reply