Gangguan Kepribadian Ganda—Apa Benar Ada?

Gangguan Kepribadian Ganda—Apa Benar Ada?

Ada film yang bercerita ada seseorang wanita yang kepribadiannya dapat beralih mencolok dari yang baik jadi begitu beringas. Sebagian waktu lalu kepribadiannya beralih sekali lagi jadi seperti umum. Ini yaitu satu diantara ciri yang digambarkan oleh film tentang masalah kepribadian ganda toko herbal

Dulu masalah mental ini di kenal jadi masalah kepribadian ganda, tetapi saat ini di ketahui jadi masalah disosiatif jati diri. Masalah kepribadian ganda disangka adalah efek dari trauma berat sepanjang masa kanak-kanak, umumnya karena kekerasan fisik, seksual, atau emosional yang ekstrim serta berulang.

Apa Itu Masalah Kepribadian Ganda?

Umumnya dari kita sempat alami “disosiasi” enteng, umpamanya melamun atau mendadak lupa arah. Masalah kepribadian ganda (masalah disosiatif jati diri) adalah bentuk disosiasi yang parah—suatu sistem mental yang mengakibatkan minimnya koneksi pada fikiran, ingatan, perasaan, aksi, serta jati diri dari seorang.

Masalah kepbriadian ganda disangka disebabkan oleh trauma kronis yang dihadapi oleh penderitanya. Beberapa gejala disosiatif yang dideritanya mungkin saja adalah satu langkah mentalnya menangani trauma itu. Orang ini dengan harfiah memisahkan diri dari kondisi atau pengalaman yang sangat kejam, traumatik, atau menyakitkan yg tidak mampu di terima oleh dianya yang sesungguhnya hingga muncul kepribadian yang sekalipun berlainan.

Apakah Masalah Kepribadian Ganda Benar-Benar Riil?

Beberapa orang sangsi bila masalah mental ini betul-betul ada. Sebenarnya, mengerti perubahan dari kepribadian ganda memanglah susah, bahkan juga untuk beberapa pakar yang begitu terlatih meskipun. Diagnosis masalah kepribadian ganda tersebut masih tetap kontroversial di kelompok pakar kesehatan mental. Sebagian pakar mempercayai kalau masalah ini betul-betul adalah satu kelompok penyakit kejiwaan yang sendiri.

Apa Ketidaksamaan pada Masalah Kepribadian Ganda dengan Skizofrenia?

Skizofrenia serta masalah disosiatif jati diri sering dipandang sama, tetapi kenyataannya mereka yaitu 2 penyakit yang begitu berlainan. Skizofrenia yaitu penyakit mental yang meliputi keadaan psikosis kronis—dicirikan dengan mendengar atau lihat suatu hal yg tidak riil (halusinasi) serta berfikir/yakin suatu hal yg tidak berdasarkan (delusi).

Bertentangan dengan pandangan beberapa orang, pasien skizofrenia tidak mempunyai kepribadian ganda. Delusi yaitu tanda psikotik yang umum berlangsung, serta halusinasi—khususnya mendengar suara-suara—dialami oleh sekitaran separuh pasien skizofrenia. Namun ada satu persamaan di antara dua penyakit ini, yaitu resiko bunuh diri yang lebih tinggi dibanding penyakit-penyakit mental yang lain.

Bagaimana Masalah Kepribadian Ganda Merubah Kehidupan Penderitanya?

Ada beberapa langkah paling utama di mana sistem psikologis masalah disosiatif jati diri merubah langkah seorang melakukan hidupnya, salah satunya termasuk juga :

Depersonalisasi. Ini yaitu perasaan seperti terpisah dari badan serta seringkali dikatakan sebagai pengalaman “keluar-dari-tubuh”.

Derealisasi. Ini yaitu perasaan seperti dunia sekitaran itu tidak riil atau terlihat berkabut atau begitu jauh.

Amnesia. Ini yaitu kegagalan untuk mengingat info pribadi yang demikian penting hingga tidak dapat disebut sebatas lupa. Ada pula mikro-amnesia di mana penderitanya dapat tidak ingat pembicaraan perlu yang barusan berlangsung sebagian detik kemarin.

Kebingunan jati diri atau perubahan jati diri. Keduanya meliputi kebingungan tentang siapa dianya. Misalnya yaitu saat seorang susah memastikan (senantiasa berubah-ubah) apa yang menarik perhatian mereka dalam kehidupan, pandangan politik/agama/sosial, tujuan seksual, atau ambisi mereka. Diluar itu, orang itu juga kesusahan mengetahui saat, tempat, serta kondisi di mana ia ada.

Masalah kepribadan ganda yang dibarengi amnesia bisa menimbukan ada kepribadian baru dengan info pribadi yang berlainan. Umumnya ada kepribadian “tuan rumah” yang mengidentifikasi dianya dengan nama sesungguhnya. Ironisnya, kepribadian “tuan rumah” sering tidak mengerti ada hadirnya kepribadian-kepribadian beda pada dianya.

Apa Peranan yang Dimainkan oleh Kepribadian-Kepribadian Beda?

Kepribadian-kepribadian yang berlainan mungkin saja mempunyai bermacam peranan yang mempunyai tujuan untuk menolong orang itu untuk hadapi kesusahan hidup. Jadi contoh, ada sekitaran 2-4 kepribadian baru yang ada dimuka diagnosis seseorang pasien. Lalu ada sekitaran 13-15 kepribadian yang keluar sepanjang masa penyembuhan. Bahkan juga ada pasien yang mempunyai lebih dari 100 kepribadian. Aspek lingkungan serta momen dalam kehidupannya mengakibatkan pergeseran mendadak dari satu kepribadian ke kepribadian yang lain.

Walau belumlah ada langkah untuk mengobati masalah kepribadian ganda, tetapi ada cara penyembuhan yang dapat menolong mengaturnya. Penyembuhan yang efisien umumnya meliputi psikoterapi, hipnoterapi, serta therapy ajuvan.

Leave a Reply