Salah Makan Makanan Panas? Obati Segera Dengan Ini

Hampir setiap orang tentu pernah mengalami makan atau minuman panas secara langsung. Dan apa yang terjadi? Tentu mulut anda akan langsung bereaksi seketika. Akibatnya adalah mulut anda akan terasa seperti terbakar. Kondisi demikian tidak bisa anda biarkan begitu saja. Jika parah, maka sebaikny anda bawa ke dokter untuk di periksa lebih lanjut. Namun, bagi anda yang merasakan lidah maupun rongga mulut anda seperti terbakar, bisa mencoba mengobatinya dengan bahan alami berikut ini.

obat luka bernanah paling ampuh

1. Madu

Pada penelitian tahun 2014 yang dipublikasikan di Annals of Burns and Fire Disasters menjelaskan adanya kemampuan anti infeksi dan anti inflamasi yang dipunyai oleh madu, sekaligus manfaatnya dalam mengobati luka.
Untuk mengobati luka bakar karena makana atau minuman yang panas, maka anda bisa mencobanya dengan mengoleskan 1 sendok teh madu murni ke seluruh permukaan lidah serta diamkan selama mungkin sebelum anda menelannya. Anda bisa mengulangi cara ini sebanyak 2 hingga 3 kali sehari.

Catatan: Madu tidak disarankan untuk diberikan kepada anak-anak di bawah usia 1 tahun, karena madu bisa membawa spora beracun yang menyebabkan keracunan botulisme pada bayi.

2. Lidah buaya

Lidah buaya merupakan cara bagus lainnya untuk mengobati lidah yang terbakar. Bukan hanya mampu menyejukkan sel-sel yang rusak di lidah, tetapi juga bisa mendukung penyembuhannya. Ditambah lagi, lidah buaya juga sanggup mengurangi rasa sakit dan peradangan.

Penelitian ilmiah pada tahun 2007 yang dipublish Burns menyimpulkan bahwa jika lidah buaya mungkin bisa dijadikan intervensi yang efektif yang digunakan dalam penyembuhan luka bakar tingkat pertama sampai tingkat dua.
Untuk mengobati luka bakar, anda bisa menggunakan gel lidah buaya dengan cara memisahkan gel lidah buaya dari kulitnya serta mengoleskan ke seluruh bagian lidah anda supaya bisa meredakan luka bakarnya. Anda bisa mengulangi beberapa kali dalam sehari. Anda juga dapat membekukan gel lidah buaya tersebut jika anda ingin mengihisap hisapnya.

3. Yogurt

Karakter yogurt yang menyejukkan bisa mengatasi sensasi terbakar akibat lidah kena air panas. Yogurt juga bisa membantu meringankan rasa sakit serta sensitif pada lidah terbakar. Untuk mengobati luka bakar, anda bisa memakan ½ mangkuk yogurt yang dingin sedikit demi sedikit, lalu diamkan di mulut selama beberapa detik sebelum menelannya. Kemudian, anda bisa mencoba makan yogurt beberapa kali dalam sehari.

Bagaimana, mudah bukan? Bahan alami ini bisa anda jadikan obat yang seperti salep untuk luka bakar yang bisa anda oles oleskan pada lidah atau permukaan dinding mulut anda ketika anda memakan atau meminum air yang panas. Dapatkan informasi lain seputar obat alami seperti obat luka bernanah di almiira.com semoga bermanfaat.

Leave a Reply