Begini Cara Melihat Masa Kadaluwarsa dari Make Up

 

Beberapa hal yang berharga dalam hidup tetapi terpaksa harus dibuang, mungkin hal ini akan sangat menyedihkan terutama bagi wanita. Make up, sayang banget bukan kalau make up yang didapatkan susah payah dengan harga yang mahal kalau harus dibuang. Sering sekali kita menganggap kalau make up adalah barang yang bisa bertahan lama, tetapi sebenarnya make up juga bisa basil ho atau kadaluwarsa.

Kalau menentukan tanggal kadaluwarsa makanan atau minuman sih mudah karna biasanya sudah terdapat di kemasan. Tapi bagaimana dengan tanggal kadaluwarsa dari make up? Jika ingin tahu lanjut baca sampai bawah ya.

 

Meskipun Tidak Selalu Ada Tanggal Kadaluwarsanya, Kita Juga Harus Mengetahui Saat Make up Basi

Beberapa produk make up memang tidak memiliki tanggal kadaluwarsa, tetapi hal ini bukan berarti bisa digunakan selamanya. BPOM Indonesia memang tidak mewajibkan untuk mencantumkan tanggal kadaluwarsa, meskipun begitu produk make up tetap saja bisa kadaluwarsa.

Dampak Negatif, Berkurangnya Efektifitas, Kulit Iritasi, sampai Menyebabkan Jerawat

Membuang make up memang akan terasa berat, tapi ya mau gimana lagi? Saat menggunakan make up yang sudah kadaluwarsa, sama saja halnya kamu menempatkan wajah pada resiko deteriorasi estetika dan pastinya tidak ada wanita yang menginginkan hal itu. Menggunakan make up yang sudah kadaluwarsa akan menyebabkan beberapa resiko yang kurang baik pada kulit, seperti iritasi, berkurangnya efektifitas make up saat digunakan.

Make Up Biasanya Bertahan 3 Bulan sampai 2 Tahun, ini Selengkapnya

  • Makeup mata. Untuk makeup mata yang cair seperti maskara dan liquid eyeliner, tanggal kadaluarsanya hanya 3 bulan saja. Setelah itu, maskara memiliki kemungkinan untuk menjadi sarang bakteri. Sedangkan ueyeliner biasa dan juga pensil alis, kamu bisa memakainnya hingga 2 tahun.
  • Makeup wajah yang cair. Seperti liquid foundation, liquid concealer, dan cream blush, masa kadaluarsanya adalah 6 bulan sampai 1 tahun.
  • Makeup wajah bubuk. Bedak, compact foundation, compact concealer, blushon, bronzer, dan ditambah eyeshadow, mereka semua bisa digunakan sampai 2 tahun.
  • Untuk bibir. Lip gloss dan lipstik biasanya bisa dipakai 1 hingga 2 tahun, tergantung daari merek yang digunakan.
  • Moisturizer, toner, essence, serum, dan lotion, bisa kamu gunakan selama 2 tahun juga.

 

Perubahan Aroma, Warna, dan Konsistensi Pada Make Up Bisa di Jadikan Sebagai Tolak Ukur

Selain patokan waktu diatas, kamu bisa menentukan kapan waktu make up harus dibuang melalui bentuk fisiknya. Saat aroma, warna, konsistensi, sampai muncul jamur saat itulah harusnya make up sudah dibuang.

Meskipun begitu, ada baiknya kamu juga mengikuti aturan tanggal kadaluwarsa make up diatas.

Leave a Reply