Apakah Investasi Apartemen Menguntungkan Selamanya?

Belakangan ini bisnis properti menjadi trending topic dari berbagai kalangan masyarakat. Baik itu jenis properti berupa tanah kavling, rumah maupun apartemen kasamara residence. Tidak bisa dipungkiri, permintaan akan hunian yang praktis dalam bentuk apartemen memang terus meningkat. Bahkan, tidak hanya diminati bagi kalangan menengah atas saja, namun kalangan menengah ke bawah pun juga banyak yang tertarik untuk memiliki atau tinggal di apartemen. Hal yang demikian ini yang membuat banyak pihak untuk menyajikan banyak apartemen dalam berbagai jenis atau tipe sehingga bisa dijangkau untuk seluruh kalangan masyarakat. inilah salah satu fakta yang tak bisa terbantahkan lagi kalau seiring dengan perkembangan zaman, maka terjadi pergeseran pola pikir masyarakat yang semakin menuntut kepraktisan serta perubahan gaya hidup.

Masyarakat yang banyak melakukan mobilitas di luar ruangan serta mengharuskan mereka untuk berpindah dari satu tempat menuju ke tempat lainnya memang seringkali lebih memilih untuk tinggal di apartemen. Alasan kepraktisan serta efisiensi waktu inilah yang mendasari keinginan mereka. Tidak bisa dipungkiri, kasamara apartemen selalu dibangun di lokasi yang strategis dan memiliki akses yang cukup bagus untuk menuju ke lokasi kerja atau pun ke tempat hiburan. Oleh karena itu, tak heran jika kini banyak masyarakat yang lebih suka tinggal di apartemen baik menyewa atau membeli secara pribadi. Perubahan pola pikir itulah yang membuat pembangunan apartemen terus mengalami peningkatan di kota-kota besar seluruh Indonesia. khususnya di Jakarta, pembangunan apartemen bisa dikatakan tak pernah berhenti. Seiring dengan berjalannya waktu, harga tanah terus melambung tinggi dan masyarakat banyak yang memilih untuk tinggal di apartemen jika dibandingkan di rumah.

Memiliki apartemen kasamara memang memiliki dampak positif yang salah satunya yaitu sebagai ajang untuk berinvestasi. Kita tahu bahwasanya umur yang semakin tua menuntut kita untuk kreatif dalam menentukan tindakan karena akan berpengaruh di kehidupan tau di masa mendatang. Boomingnya investasi dalam bidang properti khususnya dalam bentuk apartemen memang kerap membuat orang menjadi kalap. Terlebih lagi jika terdapat promo tertentu sudah pasti akan membuat motivasi masyarakat untuk membeli apartemen menjadi meningkat drastis. Akan tetapi, penting untuk dicanangkan di dalam pikiran kita tentang seklumit pertanyaan tentang investasi dalam bentuk apartemen. Pertanyaannya adalah apakah investasi dalam bentuk apartemen ini selamanya akan memberikan keuntungan?

Asumsi Bahwa Harga Properti Cenderung Mengalami Kenaikan

Seseorang yang memutuskan untuk membeli apartemen, bukan berarti digunakan untuk dirinya sendiri sebagai tempat tinggal. Akan tetapi, membeli apartemen bisa juga dilakukan karena mereka sengaja ingin berinvestasi. Mengapa demikian? Investasi dalam bentuk apartemen akan memberikan margin keuntungan yang cukup menjanjikan. Income yang didapat dari sewa apartemen juga akan tinggi dan cenderung rutin. Terlebih lagi jika selalu muncul asumsi bahwa harga properti setiap tahunnya akan mengalami peningkatan yang cukup drastis.

Adanya asumsi yang mengatakan bahwa harga properti akan terus mengalami kenaikan disebabkan oleh adanya beberapa sebab. Pertama, asumsi tersebut dipicu karena adanya GAP antara permintaan unit apartemen dengan adanya ketersediaan apartemen yang ada. Kedua, kenaikan harga yang dipicu NJOP yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Ketiga, developer atau pengembang telah menerapkan kebijakan “goreng harga”. Dari beberapa asumsi tersebut yang penting untuk diperhatikan adalah poin terakhir. Aksi adanya goreng harga yang masih sedikit asing d telinga ini adalah trik marketing developer guna menarik minat calon pembeli untuk segera memutuskan pembelian unit apartemen yand ditawarkan oleh yang bersangkutan sebelum harga unit naik dalam kurun wakru tertentu.

Trik “goreng harga” yang dilakukan oleh pihak developer pada dasarnya bukan suatu hal yang lici. Kadang kala, developer perlu untuk melakukan hal tersebut guna menaikkan nilai dari unit apartemen yang bersangkutan. Jika langkah tersebut tidak dilakukan, maka dikhawatirkan pembeli akan memandang nilai apartemen menjadi rendah atau bahkan stagnan sehingga tak layak untuk dimiliki.

Investasi Apartemen Apakah Menguntungkan Selamanya?

Secara umum, berinvestasi dalam bidang properti memang menawarkan keuntungan. Apalagi jika yang bersangkutan pandai dalam membaca prospek atau masa depan dari suatu kawasan yang telah tergambar dalam Rencana Umum Tata Ruang (RUTR) pemerintah yang mampu diakses di kantor kecamatan setempat. Meskipun demikian, selalu saja ada risiko yang mengiringinya misalnya saja terjadinya penurunan harga.

Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwasanya ada beberapa faktor yang mempengaruhi dan harus dimiliki di setiap apartemen yaitu lokasi, harga, keamanan, dan privasi. Selain itu, ada empat faktor tambahan lagi yang harus dicermati yakni dari segi etnis, gaya hidup, kultur penghuninya, dan kebiasaan. Yang jelas, tak ada rumus baku yang bisa dijadikan sebagai pegangan guna menentukan harga unit apakah sedang berada di puncak atau berada dalam titik yang wajar. Masalah fluktuasi ini bergantung dari kondisi daerah masing-masing. Meskipun demikian, insting harus bermain di sini. Insting yang dimaksud adalah insting yang digunakan untuk membaca situasi dengan tepat. Hal lain yang juga berpengaruh besar adalah hoki yang memiliki peranan dalam tingkat keberhasilan dalam menemukan apartemen yang bermasa depan bagus.

Leave a Reply